Jumat, 08 Agustus 2008


FENOMENA ALAM
Foto di atas ini ditangkap pada tanggal 2 Januari 2007 dari atas Kapal fery penyeberangan dari Merak ke Bakauheni. Secara geologis, awan tersebut punya potensi sebagai embrio terjadinya angin topan (Puting beliung), sebab bagian bawah sudah membentuk kerucut suatu pusaran...!

Fenomena seperti ini sering kurang mendapat perhatian dari masyarakat Indonesia umumnya, bahkan terlepas dari pengamatan para ahli geologis atau BMG ( Badan Meteorologi dan Geofisika ) pada khususnya.
Sehingga bencana di Indonesia umumnya tidak terantipasi sebelumnya. Sebenarnya Bencana Alam bisa dihindari atau diminimalkan akibatnya, apabila kita sudah mengetahui tanda-tanda sebelumnya, sebab tanda atau gejala-gejala Bencana Alam dapat dianalisa secara ilmiah.
Nah apa yang harus kita lakukan untuk itu? Sebab sudah banyak terjadi Bencana Alam di Indonesia, tetapi kita selalu terlambat mengetahuinya, sehingga memakan korban yang cukup banyak, entah itu Tsunami, Banjir, Angin Puting Beliung, Kebakaran Hutan..dan sebagainya.
Salam,
RBM. Sutartomo




Tidak ada komentar: