Senin, 18 Agustus 2008

Kerajaan-kerajaan Hindu-Budha di Inhonesia




Dalam kurikulum Pendidikan di SMA membahas tentang hal tersebut di atas (judul) di Bab II, sedangkan di Bab I dibahas tentang muncul dan berkembangnya agama Hindu-budha di India dan hubungannya dengan sejarah Indonesia, bagaimana sikap bangsa Indonesia (Nusantara) menerima agama dan kebudayaan 2 agama tersebut.

Bab II Kerajaan Hindu-Budha di Indonesia

Dalam silabus Siswa diminta untuk mendiskripsikan muncul dan berkembangnya Kerajaan-kerajaan Hindu-Budha di berbagai daerah, seperti:




  1. Kutai


  2. Tarumanegara


  3. Holing (Kalingga)


  4. Melayu


  5. Sriwijaya


  6. Mataram Kuno


  7. Medang Kemulan


  8. Kediri


  9. Singasari


  10. Bali


  11. Pajajaran


  12. Majapahit


Siswa diminta untuk menjelaskan wilayah kekuasaan kerajaan-kerajaan tersebut, mendiskripsikan kehidupan Sosial, Ekonomi, Budaya, dan Agama kerajaan-kerajaan tersebut, menjelaskan kelanjutan dan keruntuhan kerajaan-kerajaan tersebut.



Perlu diingat bahwa dimensi Sejarah adalah mempelajari peristiwa masa lampau, sebagai landasan untuk masa kini, dan untuk dikembangkan untuk masa yang akan datang. jadi bukan sekedar bernostalgia saja.



Sebagai contoh:





  1. Yunani : Reruntuhan peninggalan sejarah-pun tetap dirawat sebagai obyek ilmiah dan wisata yang dapat medatangkan Devisa Negara.


  2. Italia : Colloseum da amphiteater-pun merupakan daya tarik bagi wisatawan mancanegara.


  3. Cina : Dengan Tembok Besar dan Forbiden City-nya merupakan daya tarik tersendiri bagi para tourisme mancanegara.


  4. Dan sebagainya.


Tidak ada komentar: