Jumat, 08 Agustus 2008

GUNUNG MERAPI, JATENG


Sosok gunung ini dapat dilihat dari berbagai penjuru tempat Pengamatan Gunung berapi, seperti: Plawangan Kaliurang, Kali Adem, Selo Boyolali, dan sebagainya. Gunung Merapi merupakan gunung aktif, bahkan termasuk gunung teraktif di dunia, sebab selalu mengepulkan asapnya dan sewaktu-waktu dapat memuntahkan magma atau laharnya.
Gunung Merapi mempunyai mitos yang keramat bagi masyarakat Yogyakarta, sebab mempunyai hubungan erat antara 3 penguasa, yaitu: Kyai Semar (di Gn. Merapi, Sultan di Istana Yogyakarta, dan Nyi Roro Kidul di Pantai/Laut Selatan). Gunung ini pernah meluluhlantakkan kerajaan Hindu/Budha di Jawa Tengah pada zaman dahulu, bahkan membatalkan suatu perang besar antar 2 kerajaan, karena bencana yang ditimbulkan oleh gunung tersebut.
Gunung Merapi juga merupakan tempat para Pecinta alam untuk mengagumi keindahan alam ciptaan Tuhan lewat kegiatan pendakian dengan mengambil route pendakian dari Desa Selo Boyolali, Kaliurang, dan route-route lainnya. Indahnya alam ciptaan Tuhan.... Manusia hanya bagian alam yang tidak seberapa.
Salam.
RBM. Sutartomo

Tidak ada komentar: