YAYASAN XAVERIUS PALEMBANG
SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) XAVERIUS 1
STATUS : DISAMAKAN
Jalan Bangau No.60/1258 Palembang – 30113
((0711)358005, Fax:(0711)373061, Email : sma_xav1@telkom.net
PROGRAM KERJA BIDANG KEHUMASAN
SMA XAVERIUS 1 PALEMBANG
TAHUN PELAJARAN 2008/2009
PENGANTAR :
Bidang Humas merupakan suatu peranan dalam suatu Lembaga/Instansi/ Organisasi sebagai katalisator/penghubung, baik ke dalam maupun keluar dengan Lembaga/Instansi/Organisasi serta masyarakat lain. Ini merupakan peranan yang sangat luas, karena harus memberikan dan mencari informasi yang berkaitan dengan Visi, Misi, dan Tujuan dari Lembaga/ Instansi/Organisasi yang bersangkutan.
PROGRAM HUMAS SMA XAVERIUS 1 PALEMBANG :
1. HUBUNGAN DENGAN INSTANSI/LEMBAGA
1.1 Bidang Pemerintahan
1.1.1 Hubungan dengan Pemerintah Propinsi
1.1.2 Hubungan dengan Pemerintah Kota
1.1.3 Hubungan dengan Pemerintah Kecamatan
1.1.4 Hubungan dengan Pemerintah Kelurahan
1.1.5 Hubungan dengan Pemerintah RW beserta warganya
1.1.6 Hubungan dengan Pemerintah RT beserta warganya.
1.2 Bidang Pendidikan
1.2.1 Hubungan dengan Diknas Propinsi
1.2.2 Hubungan dengan Diknas Kota
1.2.3 Hubungan dengan Diknas Kecamatan
1.2.4 Hubungan dengan Perguruan Tinggi : Universitas, Akademi, Collage, dan sejenisnya.
1.2.5 Hubungan dengan Lembaga/Instansi Pelatihan Ketrampilam, seperti: BPG, BLKI/BLPT, Bina Teknologi, dan sejenisnya.
1.2.6 Hubungan dengan sekolah-sekolah lain dalam hal akademis maupun lomba.
1.3 Bidang Sosial
1.3.1 Hubungan dengan Hinas Sosial atau Dinas-dinas yang terkait dan sejenisnya.
1.3.2 Hubungan dengan Lembaga/Instansi/Organisasi Sosial, baik Negeri maupun Swasta.
1.3.3 Hubungan dengan Panti-panti Asuhan, Panti Jompo/Wreda dan sejenisnya.
1.4 Bidang Dunia Usaha
1.4.1 Hubungan dengan perusahaan/lembaga penerbit buku pendidikan.
1.4.2 Hubungan dengan perusahaan/lembaga percetakan untuk keperluan pendidikan
1.4.3 Hubungan dengan perusahaan/Lembaga konsumsi untuk keperluan koperasi, dan sebagainya.
1.4.4 Hubungan dengan Perusahaan/Lembaga produktif dan jasa untuk kepentingan pendidikan dan kesejahteraan Keluarga Besar SMA Xaverius 1 Palembang.
2. HUBUNGAN DENGAN YAYASAN DAN LINGKUNGAN XAVERIUS SE KEUSKUPAN AGUNG PALEMBANG.
2.1 Dengan Yayasan Xaverius Palembang.
2.1.1 Sebagai Mitra Kerja dalam melaksanakan Visi, Misi, dan Tujuannya.
2.1.2 Menjadi penghubung antara SMA Xaverius 1 Palembang dengan Yayaysan Xaverius Palembang.
2.1.3 Memberikan Usul/Saran/ Masukan-masukan yang bersifat membangun (Progresif) demi kemajuan dan perkembangan Yayasan Xaverius Palembang menuju era Globalisasi serta masa depannya.
2.2 Dengan Dewan Guru dan Para Karyawan
2.2.1 Menjalin hubungan yang kondusif dan secara kekeluargaan melalui wadah IKK
2.2.2 Menciptakan hubungan yang sehat dalam bidang keprofesionalan (Secara Profesional) sesuai dengan tugasnya (Job Discription) masing-masing .
2.2.3 Mencari peluang bersama untuk kesejahteraan bersama tanpa meninggalkan unsusr-unsur atau aturan pendidikan dan profesinya masing-masing.
2.3 Dengan Para Siswa
2.3.1 Memberikan motivasi para siswa/i untuk melaksanakan hak dan kewajibannya sebagai pelajar.
2.3.2 Memghubungkan para siswa/i dengan Lembaga/Instansi pendidikan sesuai dengan tujuan dan minat mereka masing-masing.
2.3.3 Memberikan motivasi kepada para siswa/i dalam melaksanakan keseimbangan antara aspek kecerdasan, moral, seni, dan social.
2.3.4 Menghubungkan para siswa/I yang bermasalah dan takut untuk menyelesaikan masalahnya dengan guru bidang studi, wali kelas, guru BP/BK, dan sebagainya agar masalahnya dapat diselesaikan dengan baik dan sehat.
2.4 Dengan Orang Tua Siswa
2.4.1 Bekerja sama dengan orang tua siswa dalam Wadah Komite Sekolah untuk mengembangkan sekolah sesuai dengan tujuan pendidikan.
2.4.2 Bekerja sama dengan Guru BP/BK untuk menanggulangi masalah-masalah yang dialami para siswa yang mengganggu kegiatan pendidikannnya.
2.4.3 Bekerja sama dengan orang tua siswa untuk mencari peluang yang sehat demi kemajuan pendidikan para siswa di sekolah dalam koridor pendidikan.
2.5 Dengan Para Alumnus
2.5.1 Menjalin hubungan dengan para Alumnus sesuai dengan jalur-jalur pendidikan
2.5.2 Menjalin hubungan dengan para Alumnus untuk turut serta memberikan sumbang saran demi kemajuan sekolah almamaternya.
2.5.3 Membuka komunikasi dengan para Alumnus melalui Website Internet sesuai dengan era globalisasi dalam koridor pendidikan.
2.6 Dengan Komite Sekolah
2.6.1 Bekerja sama dengan Kepala Sekolah untuk menentukan Pengurus Komite Sekolah.
2.6.2 Menjalin kerjasama melalui pertemuan dengan Pengurus Komite Sekolah untuk kepentingan kemajuan dan mutu pendidikan di sekolah.
2.6.3 Bekerja sama dengan Komite Sekolah untuk mempromosikan keunggulan-keunggulan sekolah dan prestasi-prestasi yang berhasil diraih oleh para siswa/i.
2.6.4 Bekerja sama dengan Komite Sekolah untuk membangun atau melengkapi sarana prasarana sekolah untuk menunjang kemajuan pendidikan para siswa.
2.6.5 Menjalin kerjasama dengan Komite Sekolah untuk mencari peluang demi kesejahteraan dan kemajuan para Guru/Karyawan dan para siswa dalam koridor pendidikan.
2.7 Dengan Sekolah-sekolah Katolik se-Keuskupan Agung Palembang.
2.7.1 Menjalin kerjasama sesuai dengan Visi, Misi, dan Tujuan Yayasan Xaverius Palembang.
2.7.2 Mengadakan pertukaran informasi secara langsung atau melalui internet, kegiatan bersama, dan sebagainya dengan tujuan untuk menjalin keakraban, kekeluargaan, dan kesejahteraan bersama sesuai dengan koridor pendidikan.
2.7.3 Mengadakan jaringan atau link dalam penerimaan siswa baru (PSB).
2.7.4 Mengadakan Lomba-lomba untuk mencari jejaring dalam bidang akademis maupun yang lainnya, seperti : Lomba IPA dan IPS, Kesenian, Olah Raga, dan sebagainya.
2.8 Dengan Koperasi dan Kantin Sekolah
2.8.1 Bekerja sama dengan SMA Xaverius 4 dan Yayasan Xaverius Palembang untuk mengelola Koperasi dan Kantin Sekolah untuk melayani sekolah, para guru, karyawan, dan para siswa.
2.8.2 Memikirkan bersama untuk pelayanan tersebut demi kelancarannya dan memberikan follow-upnya.
2.8.3 Mengelola secara baik agar dapat memberikan kesejahteraan bersama.
2.8.4 Menghimbau kepada semua pihak untuk turut serta memberikan masukan / sumbang saran untuk pengelolaan Koperasi dan Kantin Sekolah tersebut.
3. KERJASAMA DI LINGKUNGAN SMA XAVERIUS 1 PALEMBANG.
3.1 Dengan Kepala Sekolah
3.1.1 Menghadiri undangan-undangan dari Instansi/Lembaga lain bila dalam waktu yang sama Kepala Sekolah juga harus menghadiri undangan juga.
3.1.2 Mewaklili menghadiri suatu Undangan dari Instansi/ Lembaga lain apabila Kepala Sekolah sedang tiada ditempat karena tugas yang lain.
3.1.3 Mewakili memberikan penjelasan tentang persekolahan, bila Kepala Sekolah sedang tidak berada di tempat kepada para tamu yang membutuhkan informasi tentang sekolah.
3.1.4 Membantu Kepala Sekolah dalam bidang tertentu demi kelancaran kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan oleh sekolah.
3.1.5 Membantu memberikan informasi atau mempublikasikan tentang situasi dan prestasi di lingkungan sekolah kepada masyarakat melalui Media Massa atau jaringan Internet.
3.1.6 Dan sebagainya.
3.2 Dengan Wakasek Kurikulum
3.2.1 Membantu memberikan informasi kepada para siswa dalam mencari dan memilih Perguruan Tinggi.
3.2.2 Memilih dan menyeleksi Perguruan Tinggi atau Lembaga-lembaga Pendidikan yang memberikan informasi pendidikan kepada para siswa.
3.2.3 Membantu Para siswa untuk masuk ke Perguruan Tinggi melalui jalur:
a. Tes terpadu masuk perguruan tinggi yang diadakan di SMA Xaverius 1 Palembang
b. PMDK/PMK/PSSB dan sejenisnya.
c. Bea Siswa dari Perguruan tinggi / Akademi yang menawarkan kepada para siswa yang kurang mampu atau yang berprestasi.
d. Dan sebagainya.
3.2.4 Mengadakan Study banding dengan sekolah-sekolah lain yang relevan atau lebih tinggi mutu dan prestasinya untuk kemajuan para siswa SMA Xaverius 1 Palembang di bidang ilmu pengetahuan (Science), Organisasi (Organization), Ketrampilan (Skill), dan sebagainya.
3.2.5 Membantu menberikan dorongan kepada para siswa dalam kegiatan-kegiatan Ekstrakurikuler menuju pada ketrampilan (Skill) dan bakat dari para siswa dengan menyelenggarakan kegiatan-kegiatan secara terencana dan terprogram agar para siswa bisa terjun ke masyarakat (go Publik) sesuai dengan kegiatan ekstrakuriler yang diikutinya, seperti :
a. Majalah GITA : sebagai Media para siswa yang dapat menjadi penghubung antara sekolah dengan :
· Orang tua siswa
· Para siswa sekolah lain
· Instansi atau lembaga tertentu.
Untuk itu Redaksi Gita dapat dikirim atau diikutsertakan dalam kursus atau seminar tentang jurnalistik, sebab Malajah Gita dapat menjadi wadah promosi dan informasi dari kegiatan-kegiatan di sekolah.
b. Jurnalistik : Merupakan Kegiatan yang dapat dipakai para siswa dalam memahami dunia jurnalistik, sehingga para Pembina /sekolah sekolah dapat memilih mereka untuk mengikuti tes sebagai anggota redaksi pelajar di Media Massa setempat , seperti :
· Sriwijaya Post dengan Redaksi LEPASS-nya
· Sumatera Ekspres dengan Redaksi BASIS/FLEKSI-nya.
Mereka (Para siswa) inilah dapat sebagai media sekolah untuk mengekspos kegiatan-kegiatan sekolah ke dalam Koran / Media massa tersebut.
c. Ekstrakurikuler lainnya:
Secara umum ekstrakurikuler lainnya juga dapat membuat program yang terencana dan realistis agar dapat:
1. Memberikan kegiatan-kegiatan pada para siswa untuk mengadakan kegiatan keluar (out class) atau penelitian/praktek lapangan ( Field research ).
2. Mengadakan Bakti Sosial Terpadu sesuai dengan bidang ekstrakurikulernya masing-masing dengan mengadakan kegiatan : Hiburan, penyuluhan, batuan social, dan sebagainya.
Kegiatan-kegiatan ini akan menanbah ketrampilan para siswa dan memberikan motivasi, bahkan mengurangi kejenuhan kegiatan mereka di dalam kelas terus menerus dan sekaligus mengembangkan daya kreativitas mereka.
3.3 Dengan Wakasek Kesiswaan
3.3.1 Membantu menyelenggarakan LATPIM yang tepat kepada para pengurus OSIS/PPSK dan wakil-wakil kelas agar mereka dapat memiliki:
a. Jiwa kepemimpinan
b. Jiwa organisatoris
c. Jiwa social baik ke dalam maupun keluat (dalam diri sendiri maupun kepada orang lain atau lingkungan sekitarnya).
d. Inisiatif dan kreativitas
e. Sopan santun dan kedisiplinan
f. Kemampuan untuk berinovasi secara positif dan realistis.
g. Rasa kepekaan diri dalam bertindak dan menanggapi suatu masalah atau situasi.
h. Dan sebagainya
3.3.2 Membantu menyelenggarakan kegiatan OSIS/PPSK yang bersifat variatif dan bermanfaat sesuai dengan jalur dan rambu-rambu pendidikan, baik secara:
a. Intern : Dalam lingkungan SMA Xaverius 1 Palembang.
b. Ekstern : Bersama atau mengundang Sekolah-sekolah lain dalam satu yayasan maupun diluar yayasan baik sekolah negeri maupun swasta.
Contoh:
a. Kegiatan Intern, meliputi kegiatan lomba antar kelas, Galaxi, Misa Kudus, Pentas seni, dan sebagainya.
b. Kegiatan Ekstern, meliputi lomba yang melibatkan sekolah lain, seperti: PMR, LTBB, Modern Dance, Baca Kitab Suci, Baca Puisi, Pidato, dan sebagainya. Selain itu sangat bermanfaat bagi masyarakat dan dapat dikenal masyarakat dengan kegiatan Bakti Sosial
c. Bakti Sosial dapat diadakan:
1. Secara langsung : OSIS/PPSK dan para siswa ikut membantu dan menghibur masyarakat, seperti : membuat sanitasi, Pentas Seni dan sebagainya atau kerjasama dengan Para Alumnus (yang menjadi dokter atau pemerhati masalah social) untuk mengadakan Sunatan Masal, Pengobatan Gratis, dan sebagainya.
2. Secara Tidak Langsung : Mengadakan pengumpulan dana dalam event-event tertentu, seperti: Aksi Sosial, Aksi Puasa Pembangunan (APP), Aksi dana Musibah atau Bencana Alam, dan sebagainya dengan mengedarkan kantong-kantong/amplop Aksi social tersebut kepada para siswa.
3.3.3 Membantu menyelenggarakan Study Tour para siswa dalam arti sebenarnya, yaitu berwisata sekaligus belajar dengan memilih obyek-obyek yang dikunjungi sesuai dengan tujuan, sehingga bermanfaat bagi para siswa. Alangkah baiknya apabila para siswa yang mengikuti Study Tour diberi tugas membuat laporan/ makalah ilmiah dari hasil kegiatan tersebut yang dihubungkan dengan nilai rapor untuk bidang studi tertentu.
3.3.4 Membantu menegakkan keunggulan para siwa SMA Xaverius 1 Palembang untuk mengikuti perkembangan Era Globalisasi dengan menitik beratkan dari sisi tertentu, seperti :
a. Kecerdasan
b. Berdisiplin Tinggi
c. Mampu bersosialisasi
d. Moral dan Religiusme.
3.3.5 Mengadakan Kegiatan “Live In “ dan “Out Bond” bagi para siswa untuk belajar sosialisasi dan organisatoris ke daerah atau tempat-tempat tertentu yang sangat menunjang para siswa dari berbagai dimensional kehidupan.
3.4 Dengan Wakasek Sarana dan prasarana
3.4.1 Membantu menemukan hal-hal yang kurang dan sangat diperlukan menurut urgensinya untuk menanggulanggi masalah-masalah yang mengganggu pelaksanaan Kegiatan Pendidikan.
3.4.2 Memberikan kontribusi dalam menciptakan Lingkungan Sekolah yang nyaman dan tertata secara harmonis.
3.4.3 Membantu mencari peluang atau saluran-saluran (channels) yang dapat membantu kesejahteraan dan kemajuan pendidikan SMA Xaverius 1 Palembang baik untuk para siswa, guru, maupun karyawan.
3.4.4 Membantu pelaksanaan koperasi sekolah, koperasi guru, dan kantin sekolah dalam batas-batas tertentu demi untuk kelancaran dan kesejahteraan bersama.
3.4.5 Dan sebagainya.
3.5 Kerumatanggaan
Tugas ini sangat penting dan sebagai sasaran intern bidang kehumasan, karena menyangkut kegiatan dialog, sharing, saran, usul, dan konsultasi di kalangan intern keluarga besar SMA Xaverius 1 Palembang demi tercapainya suatu keharmonisan dan kesejahteraan bersama. Untuk itu dibutuhkan suatu keterbukaan, kedewasaan, dan cara berpikir yang rasional antar pihak agar tercapai titik temu yang bermanfaat dan akurat atau tepat sasaran tanpa meninggalkan Visi, Misi, dan tujuan kita bersama.
Pelaksanaan tugas ini paling berat, karena menyangkut SDM (Sember Daya Manusia) yang masing-masing mempunyai sifat dan karakter yang berbeda-beda, maka perlu sangat dicermati agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan sehingga keharmonisan dan kenyamanan tetap terjaga dengan baik.
Hal-hal yang yang diperlukan antara lain :
1. Membantu memberiklan motivasi para guru dan karyawan { Tata Usaha/Admin., pustakawan/wati, laboran, tenaga teknis, dan Satuan Pengaman (SATPAM)} untuk dapat bekerja secara professional dengan penuh dedikasi tinggi dengan memperhatikan situasi kondisi dan perkembangan zaman menuju era globalisasi yang membutuhkan kesiapan mental, psikis, dan phisik.
Pembinaan bagi mereka yang bermasalah merupakan wewenang dari Kepala Sekolah dan pengurus Yayasan Xaverius Palembang.
2. Membantu Pengurus IKK untuk :
a. Menjalin keakraban antar staf pimpinan, guru , dan karyawan serta keluarganya dalam dialog, sharing, dan silaturahmi.
b. Mencari peluang dan saluran-saluran (Channels) untuk memberikan kemudahan dalam memenuhi kebutuhan eumah tangga dengan menyediakan barang yang dibutuhkan secara lebih murah dan bermutu, baik secara cash maupun credit.
c. Membantu Kelancaran Koperasi yang ada (Koperasi Setia Kawan) untuk kesejahteraan dan kemudahan para guru dan karyawan yang bermasalah secara darurat dalam bidang keuangan.
3. Membantu memberikan motivasi kepada para siswa untuk membentuk koperasi dan menjadi anggotanya secara aktif dan kooperatif hemi untuk kepentingan bersama serta belajar berorganisasi dan menagemen. Koperasi tersebut dapat juga membantu para siswa dalam keadaan darurat untuk membayar SPP, Iuran Kelas, Ujian, dan hal-hal lain yang berhubungan dengan persekolahan dan pendidikan..
PENUTUP :
Program Kehumasan dalam dunia kependidikan ata persekolahan di SMA belum ada Juklak (Petunjuk Pelaksanaan) dan Juknis (Petunjuk Teknis) yang baku dan mantab, maka kegiatan segala kegiatan yang mengacu dan berhubungan dengan Bidang Kehumasan secara umum ditujukan untuk mendukung kegiatan persekolahan di SMA Xaverius 1 Palembang dalam memajukan pendidikan dan masa depannya.
Hal-hal yang perlu dicermati dan dikaji secara lebih mendalam agar bidang Kehumasan tidak tumpang tindih (Overlapping) dengan bidang-bidang lainnya (Kurikulum, Kesiswaan, dan Sarana Prasarana), maka diperlukan suatu pemikiran dan kerjasama yang saling menunjang dan mendukung agar tercapai suatu kelancaran dan keharmonisan demi kemajuan dunia pendidikan yang sehat dan baik di lingkungan SMA Xaverius 1 Palembang pada khususnya dan Indonesia pada umumnya.
Palembang. 1 Juni 2008
Waka HUMAS
RBM. Sutartomo, B.A.
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar