Minggu, 28 September 2008

Obyek wisata dan sejarah Palembang, Sumsel


Visit Musi year 2008 tlah bergulir, sampai akhir September 2008 belum menunjukkan tanda-tanda para wisatawan berdatangan ke Bhumi Sriwijaya secara nyata dan terlihat dengan konkret bahwa para wisatawan mulai antusias dengan slogan tersebut.
Mungkin di bawah inikita coba memperkenalkan, obyek-obyek apa yang bisa dikunjungi apabila berada di Palembang dan Sumatera Selatan pada umumnya.
  1. Kompleks Benteng Kuto Besak: Merupakan obyek yang menyatu dengan obyek lainnya. seperti: Museum Sultan Mahmud Badaruddin II, Monumen Perjuangan dalam pertempuran 5 Hari 5 Malam di Palembang, Jembatan Ampera, Kantor Pos Besar, Mesjid Agung, Gedung Leideng (Sekarang menjadi Kantor Pemkot/Walikota Palembang), Pasar 16 Ilir.
  2. Museum Balaputera Dewa (Lokasi Km 5,5): Merupakan Museum Prasasti Kerajaan Sriwijaya yang menyimpan replika2 prasasti kerajaan tersebut, dilengkapi dengan Budaya asli daerah Sumsel, pakaian2 Adat berbagai daerah di Sumsel.
  3. Taman Bukit Siguntang: Tak jauh dari UNSRI atau SMA Negeri 10 Palembang yang terkenal sebagai makam Putri Kembang Dadar. ( pernah dipakai sebagai obyek acara "Dunia Lain" dari salah satu TV Swasta di Indonesia)
  4. Situs Kerajaan Sriwijaya di Karanganyar , terletak diantara Jembatan Musi 2 dan TanggaBuntung Palembang. Telah dibuat Taman dan telah diresmikan oleh Presiden Soeharto sebagai salah satu Situs keberadaan pusat Kerajaan Sriwijaya.
  5. Rumah-rumah Adat daerah Sumsel di Jaka Baring, obyek ini dibangun bersamaan dengan pembangunan Stadion Jaka Baring untuk PON 2002 di Sumsel. Obyek ini bisa dikembangkan seperti Taman Miniatur Indonesia Indah (TMII) Jakarta atau Taman Maerakaca Semarang Jawa Tengah.
  6. Makam Sabuk (Sabo) Kingking.
  7. Makam raja-raja di Cinde
  8. Makam di Candi Walang.
  9. Makam di Naga Sewidak
  10. Danau Ranau, yang mempunyai beberapa Mitos setempat dan merupakan obyek Danau dengan Pemandangan yang sangat Indah.
  11. Air Terjun Si Pahit Lidah, lokasi berada diantara Lahat Pagar Alam.
  12. Situs Sejarah di Pasemah, Pagar Alam dengan peninggalan beberapa Patung dan Kubur Batu Besar yang terkenal di buku-buku Sejarah Indonesia maupun Dunia.
  13. Gereja Katolik tertua di Tanjung Sakti, Pagar Alam.
  14. Bukit Jempol/ Telunjuk di daerah Lahat beserta Sekolah Gajahnya.
  15. Patung-patung Batu menangis di daerah sekitar Lahat yang banyak terdapat di beberapa tempat.
  16. Pulau Kemaro, terletak di perairan Sungai Musi yang sekarang di bangun sebuah Pagoda yang cukup megah sebagai tempat bersembahyang / ziarah. Sebab menurut ceritera atau Mitos, tempat tersebut sangat keramat yang muncul akibat Siti Fatimah dan Bun Liong terjun ke Sungai Musi dan tidak muncul-muncul seta menjelma menjadi pulau tersebut.
  17. Dan sebagainya.
Andai obyek-obyek tersebut dipugar, dirawat, dikelola, didandani, dan di-manage dengan baik pasti akan sangat menarik sebagai obyek/ tempat wisata yang layak dikunjungi para wisman 
maupun Wisdom.

Siapa yang sanggup mengusahakan hal tersebut?

RBM. Sutartomo (Pak Tom)

Tidak ada komentar: