Senin, 02 Juni 2008

Kerajaan Palembang..

Kapan berdiri kerajaan Palembang dan siapa raja yang pertama?
Banyak orang menjawab : Sultan Mahmud Badarruddin..! Jelas : Salah besar!
Maka sebagai Wong Palembang, coba telusuri dan datanglah ke Museum Sultan Mahmud Badarruddin II di Kompleks BKB (Benteng Kuto Besak). Pasti akan terjawab semuanya. sebab telah ditulis oleh para sejarawan Palembang buku tentang Kerajaan Palembang. Entah sudah ada berapa Jilid yang telah diterbitkan..!
Kerajaan Palembang asli..berdiri di sepanjang sungai Musi, diantaranya ada disekitar Pasar 16 Ilir sekarang ini...Benteng Kuto Besak itu di bangun oleh Belanda setelah berhasil menaklukkan Kerajaan Palembang.
Situs kerajaan Sriwijaya-pun ada di sekitar kompleks BKB selain yang ada sekarang, diantaranya di Karang anyar dan Pasemah.
Hayooo...wong Palembang...Kenalilah sejarahmu...Lestarikanlah..Rawat dan jagalah....!
Semoga para Wisdom dan Wisman semakin tertarik untuk mengunjungi daerah kito....sehingga bisa meningkatkan PAD (Pendapatan Asli Daerah) kito besamo...!
Banyak obyek yang bisa kita kelola...kita punya banyak potensi...kita perlu banyak belajar dari Singapura, Malaysia, dan Thailand untuk mengelola bisnis pariwisata...Mereka sudah buktikan semua itu...! kita tidak usah malu belajar, karena kita bukan meniru...! tapi kia belajar dan kita kembangkan sesuai dengan potensi kita...Yogya, Solo, dan Bali tlah membuktikan keberhasilannya tanpa harus belajar dari negara lain. tapi dengan kesungguhan dan menagemen yang baik, kerja keras , dan bartisipasi smua pihak...! Ini butuh pionir yang harus memulai, mengajak, dan kerjasama untuk memanage semuanya...
Pasti kita akan sukses.....!

RBM. Sutartomo
SMA Xaverius 1 Palembang

Tidak ada komentar: